Total Tayangan Halaman

Rabu, 16 November 2016

JANGAN MAU JADI SAHABAT SETAN

SAHABAT SETAN ?

Salah satu sahabat setan adalah orang yang  berlenih-lebihan, dalam segala hal. Contohnya :

1., Berlebih lebihan dalam berpakaian, makan dan minum :

"Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (Al-Quran surat Al-A'raf : 31 )
"Dan Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tetapi janganlah berlenih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan," (Al-Quran surat Al-An'am : 141 )


2. Berlebih lebihan dalam hal memakan harta anak yatim yang sedang dalam pengawasannya :

"Dan ujilah anak-anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk menikah. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkan kepada mereka hartanya. Dan janagnlah kamu memakannya ( harta anak yatim) melebihi batas kepatutan dan (janganlah kamu) tergesa-gesa (menyerahkannya) sebelum mereka dewasa. Barang siapa (diantara pemelihara itu) mampu, maka hendaklah dia menahan diri (dari memakan harta anak yatim itu) dan barang siapa miskin, maka bolehlah dia makan harta itu menurut cara yang patut. Kemudian, apabila kamu mentyerahkan harta itu kepada mereka, maka hendaklah kamu adakan saksi-saksi. Dan cukuplah Allah sebagai pengawas." (Al-Quran surat An-nisa' : 6 )

3. Berlebih-lebihan dalam hukum:

"Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah meme,lihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterrangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi."
(Al-Quran surat Al-Maidah : 32 )

Termasuk kawan setan adalah orang yang berbantahan tentang Allah tanpa ilmu :

"Dan diantara manusia ada yang berbantahan tentang Allah tanpa ilmu dan hanya mengikuti para setan yang sangat jahat."
"(Tentang setan), telah ditetapkan bahwa siapa yang berkawan dengan dia, maka dia akan menyesatkannya, dan membawanya ke azab neraka."


(Al-Quran surat Al-Hajj : 3- 4 )




Do'a :

"Dan tidak lain ucapan mereka hanyalah do'a, "Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami dan tetapkanlah pendiriam kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir."











Agus Prihandono

1 komentar:

  1. Waalaikum salam wr. wb. Terima kasih buat saudara Rukayah lia. Salah satu masalah besar yang sering kita alami adalah masalah hutang. Ketika kita terlilit hutang dan mengalami kesulitan dalam melunasi, maka saat itulah setan masuk dan menggoda kita untuk mencari jalan pintas dan cepat,sebagai penyelesaiannya ( contohnya seperti pesugihan itu....). Insya Allah masih banyak jalan yang lebih baik dan barokah. Saudara bisa melihat video ustad yusuf mansyur di youtube.com tentang manfaat sedekah sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan masalah hutang.

    BalasHapus